Sistem Pendidikan Di Daar El-Qolam

Jalur Pendidikan

Sistem akademi di Pondok Pesantren Daar el-Qolam mengacu terbagi atas dua jalur, yakni Jalur Ajar dan Jalur Asuh.
  1. Jalur ajar (atau Jalur Pengajaran) merujuk pada jalur pendidikan yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan tingkat dan kualitas intelektual santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam.
  2. Sementara itu, Jalur Asuh (atau Jalur Pengasuhan) menitikberatkan pada pengawasan kehidupan santri di lingkungan asrama selama 24-jam. Agenda dan program yang disediakan oleh Pondok Pesantren Daar el-Qolam ditujukan untuk mengadakan perwalian dan pengasuhan terhadap santri dalam berbagai aspek, mulai dari aspek etika (akhlaqul karimah), aspek kepribadian (personalitas), sikap, dan juga kelakuan.

Pengajaran

Aktualisasi kegiatan yang dikembangkan pada aspek pengajaran, dilakukan dalam bentuk kegiatan-kegiatanIntrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Kedua pola kegiatan tersebut, dilakukan secara terprogram dan dipandu langsung oleh tenaga pengajar yang secara 24 jam tinggal dilingkungan pesantren.

Kegiatan intrakurikuler adalah proses belajar-mengajar yang pada umumnya dilakukan dalam bentuk in-class session program. Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara kurikulum pesantren, kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Dengan masa pendidikan 6 tahun untuk lulusan Sekolah Dasar atau yang sederajat dan 3 tahun untuk lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau yang sederajat. Pada jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, terdapat beberapa pilhan in-class session program yaitu:
  1. SMA dengan jurusan IPS dan IPA;
  2. Madrasah Aliyah dengan jurusan IPS dan IPA.

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dalam bentuk off-class session. Kegiatan ini berupaya untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat santri dalam berbagai bidang. Sejumlah kegiatan ekstrakurikuler antara lain meliputi pengembangan keterampilan, kepramukaan, seni dan olahraga.

Pengasuhan

Agenda dan program yang diberikan kepada santri pada aspek pengasuhan dimaksudkan untuk memberikan pembinaan dan pengembangan kepada santri dari aspek afektif (etika) dan psikomotorik (daya dorong untuk maju dan berkembang melalui bakat dan kemampuan santri masing-masing). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk-bentuk:
  1. Disiplin Ritual Ubudiah;
  2. Disiplin Kehidupan Keseharian;
  3. Pendidikan Manejemen Kepemimpinan;
  4. Pengembangan minat dan bakat.

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren Daar el-Qolam terdiri atas empat jenjang pendidikan formal (menurut pada Kementrian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional), yakni: Madrasah Tsanawiyah (MTs) Daar el-Qolam; Sekolah Menengah Pertama (SMP) Daar el-Qolam; Madrasah Aliyah (MA) Daar el-Qolam dan Sekolah Menengah Umum (SMU) Daar el-Qolam.

Ada dua jenjang yang bisa ditempuh oleh para santri yang mengikuti pendidikan di Daar el-Qolam:
  1. Pendidikan 6 Tahun. Jenjang 6 tahun (untuk lulusan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah) Adapun para santri yang mengikuti jenjang 6 tahun ini harus melewati pendidikan 6 tahun di pesantren: 3 tahun di pendidikan menengah pertama ditambah 3 tahun di pendidikan menengah atas (MA/SMU). Divisi yang menyediakan layanan pendidikan 6 tahun adalah Daar el-Qolam 1 dan Daar el-Qolam 2.
  2. Pendidikan 3 Tahun. Program pendidikan 3 tahun, dikhususkan untuk santri tamatan Sekolah Mengengah Pertama/Madrasag Tsanawiyah, Program ini menekankan pada kurikulum SMA dengan semangat Pesantren. Divisi yang menyediakan layanan pendidikan tiga tahun adalah Daar el-Qolam 3.

Kegiatan Rutinitas

Santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam selama 24 jam wajib menetap di dalam komplek Pondok Pesantren. Semuanya wajib mengikuti rangkaian disiplin pesantren yang telah ditentukan, dengan pola hidup yang sangat berdisiplin dan terpola secara sistemik diharapkan seluruh santri dapat mengatur pola hidupnya. Hal ini senafas dengan salah satu poin panca jiwa pesantren yaitu jiwa kemandirian (berdikari).

Pondok Pesantren Daar el-Qolam dengan potensi lingkungan edukatif yang dimiliki berusaha terus menciptakan atmosfir akademik yang kondusif dengan melakukan dinamisasi terhada seluruh lini kehidupan pesantren secara sinergis dan berkesinambungan, sehingga kehidupan para santri terpola secara sistemik, dan pada akhirnya tujuan paripurna dari idealisme luhur pendidikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam pun dapat terwujud.

Aktivitas Harian
  1. 04.00 – 05.00 : Bangun pagi, shalat subuh berjamaah.
  2. 05.00 – 06.00 : Pendalaman bahasa Arab/Inggris.
  3. Pengkajian kitab salaf (khusus santri tingkat Aliyah/SMA)
  4. 06.00 – 06.45: Mandi, sarapan pagi, persiapan belajar formal.
  5. 07.00 – 08.30: Belajar Formal, Pelajaran Jam 1 dan 2.
  6. 08.30 – 09.00: Istirahat.
  7. 09.00 – 10.30: Belajar Formal, Pelajaran Jam 3 dan 4.
  8. 10.30 – 10.45: Istirahat.
  9. 10.45 – 12.15: Belajar Formal, Pelajaran Jam 5 dan 6.
  10. 12.15 – 14.00: Sholat Zhuhur berjamaah, makan siang.
  11. 14.00 – 15.45: Belajar Formal, Pelajaran Jam 7.
  12. 15.45 – 17.00: Shalat Ashar berjamaah.
  13. 17.00 – 17.30: Makan sore.
  14. 17.30 – 18.30: Sholat Mahgrib berjamaah, pengajian al-Qur’an terpimpin oleh guru masing-masing.
  15. 19.00 – 20.00: Shalat Isya berjamaah.
  16. 20.00 – 22.00: Belajar bersama wali kelas.
  17. 22.00 – 04.00: Istirahat
  18. Pada hari Jum’at, santri tidak belajar secara formal

Aktivitas Mingguan
  1. Sabtu pagi, pukul 06.30 – Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih
  2. Kamis siang, pukul 14.00 – Kegiatan kokurikuler kepramukaan dan keputrian
  3. Kamis malam, pukul 20.00 s.d 22.00 – Kegiatan kokurikuler Muhâdharah (public speaking) dalam bahasa Indonesia

Aktivitas BulananKumpul dengan Pimpinan Pesantren

Aktivitas TahunanBulan Juli/Agustus – Khutbatu-l-`Arsy, untuk menyambut kedatangan Santri Baru
20 Januari – Peringatan Mîlâd Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Aktivitas Tentatif
  1. Peringatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W., setiap 12 Rabi’ul Awwal
  2. Peringatan Hari Besar Islam Idul Adha, setiap 10 Dzulhijjah
  3. Peringatan Hari Besar Islam Isra Mi’raj, setiap 27 Rajab
  4. Peringatan Hari Besar Islam Tahun Baru Hijriyah, setiap 1 Muharram

0 Response to "Sistem Pendidikan Di Daar El-Qolam"

Posting Komentar

Info Pesantren. Diberdayakan oleh Blogger.