Sejarah Singkat Pondok Pesantren Rafah

Dimulai dari niat mulia KH. Muhammad Nasir Zein, M.A. sejak belajar di Gontor dan Madinah, dalam mengembangkan ilmu serta berkhidmah untuk ilmu dan orang –orang yang menuntut ilmu. Cita-cita itu ditakdirkan sejalan dengan cita-cita almarhum waqif pertama pesantren yaitu almarhum H. Fauzi Ramli, bapak mertua beliau. Sebelum wafat, tahun 1994, H. Fauzi Ramli mewakafkan tanahnya sebesar 12.050 meter persegi kepada beliau untuk dibangun pesantren.

Pesantren Rafah

Maka dengan niat mulia mengembangkan dan menyebarkan ilmu dalam rangka mensyi'arkan islam, dimulailah pembangunan pesantren ini. Peletakkan batu pertama dilaksanakan pada hari senin tanggal 1 Dzulqo'dah 1417 H bertepatan dengan 10 Maret 1997. Dalam acara tersebut, hadir pada ulama dan haba'ib yang berasal dari berbagai tempat di Jakarta dan Bogor. Diantaranya adalah KH. Abdurrasyid Abdullah Syafi'I, KH. Abdurrahman Nawi, KH. Zainal Abidin Pagentongan, KH. DR. Didin Hafihudin, Habib Husein Ali Al-Athoos, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Ketua Majelis Ulama Kab. Bogor, Kh Sanusi Azhari, serta para ulama lainnya. Dihadiri oleh kurang lebih seribu orang.

Nama Rafah

Semula Pondok Pesantren ini bernama 'Rahmah Fauziyah'. Namun atas usul seorang guru di Madinah, nama tersebut diganti, karena nama tersebut berkesan sebagai nama pesantren perempuan. Beliau menyarankan supaya diganti dengan tidak menghilangkan makna dari penamaan pesantren ini. Maka diganti menjadi 'RAFAH' artinya 'sejahtera'.

Sesuai dengan tujuan didirikannya lembaga ini yaitu untuk agar dapat menyejahterakan ummat dengan ilmu. Tempat menuntut ilmu yang menjadi dasar untuk beramal sholih sehingga membuka jalan kesejahteraan dunia maupun akhirat. Pondok Pesantren Rafah didirikan dengan dana dari ummat dan para muhsinin yang menginfaqkan hartanya dengan ikhlas lillahi ta'ala. Terkhusus teman dekat KH. Muhammad Nasir Zein, M.A. yang memiliki komitmen untuk membantu pesantren ini. Ialah Al-Ustadz Sayyid Muhsin bin Abdurrahhman Alkaf. Pendanaan juga diambil dari sumbangan wali santri yang merupakan kewajiban mereka.

Awal Pembangunan

Masjid merupakan bangunan awal yang berdiri di Pondok Pesantren Rafah. Karena masjid merupakan pusat da'wah untuk ummat dengan segala kegiatannya. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah saw di awal kedatangannya di Madinah. Pembangunan masjid ini diselesaikan selama delapan bulan. Dimulai pada tanggal 1 Dzulqodah dan selesai pada bulan Sya'ban. Masjid ini kemudian diresmikan pada tanggal 27 Desember 1997 M oleh para ulama dan pejabat setempat yang hadir kala itu. Diantara mereka ialah; Drs. Muamal selaku Asisten Daerah Bogor. Lokasi masjid pun berada di pintu gerbang sebagai gapura pesantren. Karena pesantren secara kronologis berasal dari masjid yang menjadi pusat kegiatan ibadah para santri.

0 Response to "Sejarah Singkat Pondok Pesantren Rafah"

Posting Komentar

Info Pesantren. Diberdayakan oleh Blogger.